Kepopuleran Facebook dan Twitter memicu pergeseran rujukan anak muda dalam mencari berita. Jika dulu televisi menjadi sumber berita terbanyak, kini kedudukannya telah tergeser oleh keberadaan internet.
Ya, internet sebagai sumber berita telah dipilih oleh sebanyak 65% dari sebanyak 1500 remaja Amerika di bawah usia 30 tahun yang disurvey di tahun 2010. Angka ini naik hampir 2 kali lipat dari tahun 2007 yang mencatat prosentase 34%. Sebaliknya, yang memilih televisi sebagai sumber berita, prosentasenya mengalami penurunan dari yang sebelumnya 68% ke 52%.
Survey yang dilakukan oleh Pew Research Center juga mencatat hasil lain yakni 41% responden mengaku memperoleh berita lokal maupun internasional dari internet, angka ini naik 17% dari tahun 2007. Sedang yang memilih televisi berjumlah 61%, turun dari yang sebelumnya 74%.
Di lain sisi, sebanyak 48% dari grup yang berusia 30 hingga 59 tahun memilih internet sebagai sumber berita mereka. Angka tersebut naik dari tahun 2007 yang hanya berkisar di prosentase 32%. Sedang televisi dipilih oleh hanya 63% dari angka sebelumnya 71%.
Meskipun jumlah responden berusia 51 hingga 64 tahun yang memilih televisi sebagai sumber berita angkanya cenderung tidak berubah, namun prosentase dari mereka yang ‘berpaling’ ke internet (34%) jumlahnya hampir menyamai mereka yang berpaling ke surat kabar (38%).
Lantas bagaimana dengan mereka yang berusia 65 tahun ke atas? Ternyata angkanya juga naik, dari 5% menuju 14%. Namun angka ini bukan berarti menggantikan kedudukan televisi yang masih menjadi rujukan terpercaya mereka. Sebanyak 79% responden yang sudah berusia lanjut ini masih mempercayakan televisi sebagai sumber berita.
Kelahiran situs jejaring sejuta umat yakni Facebook dan Twitter yang dibuntuti oleh kesuksesan mereka, sangat berandil dalam menempatkan internet sebagai sumber berita di kalangan anak muda. Situs berwujud news stream online ini diketahui telah mulai menapaki ketenaran di tahun 2007 dan benar-benar ‘meledak’ (booming) di tahun 2008. Terhitung, jumlah tweet yang dihasilkan pengguna naik dari 5.000 di tahun 2007 menjadi 30 juta tweet setiap harinya di tahun 2010.
Bagaimana dengan Facebook? Situs yang mengalahkan Google sebagai situs yang paling banyak dikunjungi oleh warga Amerika di tahun 2010 ini juga mengalami pelonjakan dari 30 juta user di tahun 2007 ke angka 500 juta pengguna bahkan lebih.Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar