twitter
    Follow me @yanuaratp,mention for follow back^^

Sabtu, 27 September 2014

Antisipasi komputer atau laptop dari virus

Saya mengshare ini karena saya pernah kena virus yang cukup mematikan, dan cukup sekali aja seperti itu jangan sampai terulang lagi. Maka dari itu saya akan menyiapkan hal-hal berikut untuk mencegah virus masuk lagi kedalam laptop saya.

Sebelum saya share cara antisipasi, saya akan menyebutkan beberapa virus komputer paling mematikan:
1. Bagle
2. Melissa
3. Sasser
4. ILOVEYOU Lovebug aka / Loveletter Virus
5. MyDome
6. Leap-A/Oompa-A
7. SQL Slammer
8. Nimda
9. Code Red
10. The Klez

untuk pengertiannya bisa dibaca lebih lanjut di Top 10 Virus Komputer Paling Mematikan Di Dunia 

Sekarang saya akan share caranya mencegah virus *jeng jengg*
1. Gunakan Antivirus

Pastikan ada setidaknya 1 antivirus di computer, laptop atau notebook anda.  Saat ini berbagai macam antivirus dengan berbagai merek. Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan atau keinginan Anda. Antivirus berbayar biasa banyak dipilih karena dilengkapi dengan layanan support baik dibandingkan dengan yang gratis.

2. Lakukan Update atau scan berkala

Lakukan scan minimal seminggu sekali, hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah laptop atau pc anda terserang virus atau tidak, dan jika terdeteksi virus, alangkah baiknya untuk di delete.

3. Buka folder melalui Windows Explorer

Saat ingin mengambil data dari flash disk ataupun hard disk, usahakan jangan melakukan double click folder yang ada karena memungkinkan masuknya virus. Bukalah folder melalui Windows Eksplorer yang ada di sebelah kiri.

4. Tidak membuka sembarang link

Biasanya terdapat pada website tertentu atau spam email dengan link-link aneh yang dikirimkan oleh pengirim yang tidak jelas dan sebelumnya tidak kita kenal

5. Tidak sembarang mendownload

Jangan mendownload file yang mencurigakan dan tidak dikenal, karena virus, worm, spyware, trojan dan hacker bisa masuk ke komputer, laptop atau notebook melalui file yang anda download tadi. Jika harus mendownload pastikan dari sumber resmi atau yang terpercaya
Jika komputer digunakan lebih dari user, berhati-hati sebelum membuka sebuah file tertentu, usahakan melihat ekstensinya dari fele tersebut. Misalnya file itu berekstensi .exe, .scr, .vbs, .bat atau tidak sesuai dengan iconnya segera waspadai

6. Buat folder autorun.inf

Autorun pada windows bisa menjadi jembatan masuk keluarnya virus menuju computer, laptop ataupun laptop. Jika Anda mencolok flash disk ataupun perangkat USB lainnya pada komputer Anda, biasanya feature autorun akan otomatis berjalan.

7. Menonaktifkan autorun

Mematikan fungsi autorun merupakan salah satu cara dilakukan untuk melindungi komputer, laptop ataupun notebook anda dari masuknya virus dna menyebar keseluruh system anda .


Untuk Antivirus yang saya gunakan adalah avast
Sekian cara mencegah virus masuk komputer, Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar