twitter
    Follow me @yanuaratp,mention for follow back^^

Sabtu, 27 September 2014

Komponen, Fungsi, cara Merakit PC / CPU


Karena saya kemarin baru mendapat tugas ini, jadi ada baiknya sekalian saya share
Sebelum merakit CPU kita harus mengetahui komponen-komponennya dan fungsi-fungsinya

Komponen-komponen nya yaitu
1.Power Supply
2.Hard Disk
3.CD – ROM
4.Motherboard
5.Fan
6.RAM
7.Processor
8.VGA (Optional)


Fungsi-fungsinya
Power Supply
Sebagai perangkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras di dalam komputer.
Hard Disk
Menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop.
CD – ROM
Membaca CD, penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau Software-software lainnya, atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.
 
Soket CPU atau Processor Socket, digunakan untuk menginstal atau menyisipkan prosesor . Ada dua jenis soket  yang kita kenal, yaitu soket LIF soket dan soket  ZIF. LIF singkatan dari Low Insertion Force, yaitu soket model lama, dan ZIF adalah singkatan dari Zero Insertion Force, adalah soket prosesor model baru.
1.  North Bridge letaknya selalu dekat dengan soket prosesor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari motherboard. North Bridge adalah titik fokus dari motherboard, dan disebut juga dengan memory controller hub. North bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP. 
2. South Bridge dan North Bridge adalah dua kutub utama motherboard. South Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan BIOS.
3. Slot RAM adalah komponen pada motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM.
4. Slot AGP digunakan untuk memasukkan AGP Card. AGP atau singkatan dari Accelerated Graphics Port, adalah slot untuk kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D. Letaknya selalu di samping slot PCI.
6. Slot PCI digunakan untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.
7.Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS) adalah sebuah baterai yang memasok power pada sebuah memori kecil pada motherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga agar kita tidak perlu mengkonfigurasi hal-hal tersebut setiap kali kita menyalakan komputer
8.Primary and Secondary IDE Interfaces juga disebut dengan konektor IDE atau konektor PATA. IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung untuk perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD dan DVD drive .
9.Konektor SATA juga disebut sebagai konektor Serial ATA.  SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment, yang berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA.
10.BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yang juga merupakan salah satu bagian chip penting dari motherboard, untuk melakukan POST ( Power On Self Test)

Fan
Mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem
RAM
Penyimpan data sementara. Menyimpan data dari hardisk dan menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses. Semakin besar kapasitas memory semakin cepat pula kerja suatu komputer.
Processor
Memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse,
keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh
komputer sendiri semacam translator gampangnya.
VGA
Mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.
 Langkah- langkah merakit pc
1.Memasang processor pada motherboard
2.Memasang fan pada motherboard
3.Memasang motherboard pada casing CPU
4.Memasang harddisk dan cd-rom pada casing CPU
5.Memasang power supply pada casing CPU
6.Menancapkan kabel-kabel sesuai pada tempatnya
7.Memasang RAM
8.Memasang VGA, NIC (Network Interface Card) (Jika ada)
untuk video merakit pc bisa liat di youtube ya
 

2 komentar:

  1. Thanks ka infonya :) Izin share ..
    http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-liver/
    http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-asma/
    http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-radang-sendi/

    BalasHapus
  2. Sangat komplet tutorialnya pak. terimakasih. semoga blognya tambah rame. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service laptop panggilan surabaya' . terimaksasih pak admin.

    BalasHapus